Blog Kedaung Hijau

Desember 24, 2007

MEMANGKAS PENGELUARAN RW

Filed under: OPINI — Tag:, — kedaunghijau @ 3:41 am

sampah-truk-1.jpgUntuk biaya pengankutan sampah di Kedaung Hijau, tiap bulan bendahara RW harus mengeluarkan dana Rp 1,1 juta (kalau belum naik). Dan bisa jadi tahun depan (yang tinggal hitungan hari), biaya ini bakal ikut-ikutan terkerek. Apalagi jika pemerintah benar-benar menaikkan harga BBM. Dengan biaya tersebut, sekitar 30 persen iuran warga tersedot untuk sampah.
Padahal pengeluaran RW tidak hanya itu. Pengurus harus juga menggaji 4 orang satpam, dan 2 tenaga juru taman dan seorang penarik iuran. Belum lagi kebutuhan-kebutuhan (rutin dan tidak rutin) lainnya. Seperti pembayaran listrik dan telepon pos satpam, pengantian lampu jalan, perbaikan sarana kompleks dll.
Jika dihitung-hitung pastinya tiap bulan bendahara pusing tujuh keliling. Rasanya sulit seorang bendara RW bisa memangkas pengeluaran yang sudah ada. Tidak mungkin, kan, sampah tidak diangkut sebulan saja. Apa jadinya nanti. Satpam pun tetap harus digaji, karena di rumah anak dan istri sudah menunggu untuk dinafkahi.
Tapi sebenarnya ada masih ada peluang. Apa itu? Mengelola sampah secara swadaya. Artinya, sebenarnya jika ada seseorang yang mengelola sampah, pengurus tak perlu harus merogoh koceknya. Banyak, kok, wilayah yang secara swadaya bisa mengolah sampah lingkungannya sendiri. Tak perlu harus membuang sampah ke TPA.
Caranya? Sampah-sampah itu diolah menjadi kompos. Tapi tentu, itu bukan pekerjaan seorang- dua orang. Program ini harus melibatkan warga. Karena yang pertama dilakukan, warga harus dibiasakan dulu memilah sampah rumah tangganya. Sampah yang organik dan non organik. Yang organik bisa dijadikan kompos, sementara yang non organik bisa dijual ke pengepul. Cuma masalahnya warga mau enggak? Paling tidak mau berubah!

Banyak teknik pengolahan sampah rumah tangga menjadi kompos yang punya nilai ekonomis. Dari yang berskala besar sampai pengomposan rumahan. Semua serba praktis dan tidak menimbulkan bau. Tertarik? silakan hubungi penghuni B-2.

1 Komentar »

  1. […] 29, 2008 · No Comments Tulisan Memangkas Pengeluaran RW di blog ini beberapa waktu lalu mendapat tanggapan, khususnya para pengurus Paguyuban Ibu-Ibu […]

    Ping balik oleh MENYAMBUT WACANA MENGELOLA SAMPAH « Rumpian Kedaung Hijau — Maret 29, 2008 @ 8:07 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: