Blog Kedaung Hijau

April 4, 2008

Update: GREEN & FIT

Filed under: Berita Warga — kedaunghijau @ 3:39 pm
300 RW di Jakarta Siap Unjuk Kebersihan

JAKARTA, UNILEVER PEDULI – Kalau dalam bulan-bulan ke depan beberapa wilayah permukiman di Jakarta terasa lebih bersih dan hijau, Anda tidak perlu heran. Besar kemungkinan perubahan lingkungan itu terkait dengan dilaksanakannya program Jakarta Green and Clean (JGC 2008) yang diikuti oleh 300 RW di lima wilayah Jakarta.

Ya, selama masa pelaksanaan JGC 2008, semua peserta akan berlomba menata lingkungan mereka menjadi lebih bersih dan hijau. Untuk memotivasi kegigihan para peserta, Tim JGC (Unilever, Radio 99.1 DeltaFM Jakarta, Harian Republika, Aksi Cepat Tanggap/ACT dan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup/BPLHD DKI Jakarta) menyediakan hadiah total 55 juta rupiah untuk lima RW pemenang pada tanggal 10 November 2008.

Kegiatan yang akan berlangsung selama delapan bulan ini (Maret-Oktober) dilaksanakan dalam dua tingkat, yaitu lomba tingkat kotamadya dan tingkat propinsi. Di tingkat kotamadya, panitia akan melakukan penilaian terhadap aspek pengelolaan sampah, penghijauan dan resapan. Sedangkan penilaian di tingkat propinsi lebih ditekankan pada kemampuan peserta dalam mempertahankan program dan menduplikasikannya ke wilayah RW lain.

Tahapan Lomba

Pengumuman program dan pendaftaran peserta JGC 2008 sendiri sudah dibuka sejak akhir Februari dan ditutup pertengahan Maret kemarin.

Dari hasil seleksi berkas, tersaring 60 RW nominasi peserta JGC 2008 di lima kotamadya. Ke-300 peserta ini akan menerima dana stimulan dari pihak penyelenggara untuk melaksanakan program kebersihan ataupun penghijauan di masing-masing wilayah dalam kurun waktu dua bulan (23 April – 21 Juni 2008).

Dalam melaksanakan program tersebut, setiap peserta akan didampingi oleh motivator dan tim trainer yang sudah dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan hijau. Tim juri akan menilai peserta lewat presentasi program kerja, situasi dan kondisi wilayah maupun animo warga, kader lingkungan hidup dan tokoh masyarakat setempat.

Dari 300 peserta tadi, akan dipilih 5 RW terbaik yang mewakili masing-masing kotamadya untuk berlomba di tingkat propinsi. Ke-25 peserta ini kembali mendapatkan dana stimulan untuk menciptakan inovasi dan kreatifitas dalam program kebersihan dan penghijauan di masing-masing wilayah selama dua bulan berikutnya (14 Juli – 15 September 2008).

Pada akhir lomba, akan dipilih lima jawara JGC 2008 yang masing-masing akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan trophy. Pemenang pertama mendapatkan hadiah Rp. 20 juta, pemenang kedua Rp. 15 juta, pemenang ketiga Rp. 10 juta. Sedangkan pemenang keempat dan kelima masing-masing mendapatkan hadiah Rp. 5 juta.

Penulis: iskandar

1 Komentar »

  1. Menurut saya bgs membuat jakarta tambah jd sejuk khusus daerah pemukiman penduduk 2 jakarta selain itu juga tolong ada kan program kali bersih coz kali2 dijakarta udah pada danggkal nih y

    Komentar oleh william — April 10, 2008 @ 1:09 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: